Ternak Puyuh

Ternak PuyuhTelur Puyuh banyak dijadikan sebagai bahan makanan dan obat-obatan, sehingga kebutuhan akan telur puyuh terus meningkat. Hal ini mendorong berbagai pihak untuk mengembangkan usaha Ternak Puyuh. Untuk melakukan usaha Ternak Puyuh dibutuhkan pengetahuan yang memadai agar bisa sukses. Pada kesempatan ini Admin Hewanternak.com akan berbagi seputar informasi tentang Ternak Puyuh. Jadi yang berminat untuk melakukan usaha Ternak Puyuh, silahkan disimak baik-baik.
Ternak Puyuh
Ternak Puyuh

CaraTernak puyuh

Persiapan Ternak Puyuh dibagi menjadi beberapa bagian, tiap bagian sangat pelu dipersiapkan dengan baik. Agar Ternak Puyuh bisa berhasil dan sukses meraup pundi-pundi. Berikut penjelasan lengkap tentang tiap bagian dalam melakukan Ternak Puyuh.

Persyaratan Lokasi Ternak

  • Haruskah lokasi puyuh ternak cukup jauh dari daerah pemukiman dan mencoba untuk menempatkan cukup tenang sehingga puyuh tidak mudah stres
  • Lokasi strategis ternak harus lebih mudah bagi Anda dalam proses transportasi dan penjualan
  • Pastikan lokasi bebas dari wabah penyakit hewan
  • Perhatikan juga daerah tempat peternakan  rawan banjir atau tidak , jika ya Anda harus menggunakan kandang panggung yang memiliki tiang yang tinggi dan pondasi kokoh
  • Cobalah untuk mendapatkan area peternakan untuk sirkulasi udara yang baik

Persiapan  Kandang

Dalam membuat puyuh kandang harus mempertimbangkan beberapa hal, diantaranya :
  • Kandang memiliki rentang suhu ideal 20-25 ° C suhu dengan tingkat kelembaban berkisar 30-80 %
  • Pada siang hari , Anda cukup memberikan penerangan menggunakan 25-40 watt lampu
  • Pada malam hari pencahayaan harus mengenakan 40-60 watt lampu
  • Lokasi  kandang harus ditetapkan sedemikian rupa sehingga sinar matahari bisa masuk ke dalam kandang puyuh
  • Secara umum, model  kandang dibagi menjadi 2 jenis sistem kandang ( baterai ) dan sistem litter (lantai sekam )
  • Kandang berukuran 1 m² dapat menampung anak-anak puyuh 90-100 ekor , jika puyuh sudah mencapai usia 10 hari harus dikurangi dengan jumlah anak-anak untuk 60 puyuh ekor sampai jangka waktu anakan .
  • Kandang berukuran 1 m² untuk menampung 40 untuk memasuki periode  puyuh bertelur
Peternakan burung puyuh , kandang dapat dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya :
Kandang untuk indukan pembibitan puyuh
Jenis kandang sangat mempengaruhi hasil produktivitas dan kualitas telur puyuh . Ukuran kandang Seseuaikan Anda membuat jumlah induk dipelihara puyuh . Kandang puyuh ideal untuk digunakan pembibitan merupakan salah satu ekor kandang puyuh dewasa dengan luas 200 m²
Kandang untuk indukan petelur
Kandang ini memiliki ukuran yang sama dengan jenis induk kandang untuk pembibitan , tetapi dalam jenis kandang Anda sedikit dapat meningkatkan kepadatan puyuh dalam kandang .
Kandang untuk Anak puyuh
Kandang ini digunakan untuk menjaga anak-anak puyuh umur 1 hari – 2 atau 3 minggu . Jenis kandang ini direkomendasikan menggunakan ruang pemanas untuk menjaga puyuh hangat anak . Ukuran kandang puyuh untuk anak-anak idealnya PxLxT 100x100x40 cm dengan tinggi 50 cm kaki kandang , ukuran kandang dapat menampung sekitar 90-100 anak puyuh .
Kandang Anak puyuh 3-6 minggu
Ukuran , bentuk dan kapasitas puyuh di kandang dengan jenis yang sama meletakkan kandang untuk pembibitan . Secara umum , jenis kandang memiliki basis dalam bentuk ram kawat .
Selain mempersiapkan kandang puyuh untuk hewan , Anda juga harus menyiapkan peralatan pendukung ternak seperti tempat untuk makan dan minum puyuh , bersarang hingga obat sewaktu-waktu bila diperlukan .

Pengadaan bibit puyuh

Dalam puyuh hewan , ada tiga jenis benih tujuan perawatan berbasis , antara lain , sebagai berikut ;
  • Benih puyuh untuk konsumsi telur ,
  • Jika Anda ingin pertanian konsumsi telur puyuh untuk tujuan produksi , maka Anda perlu mempersiapkan adalah memilih jenis  betina yang tidak memiliki riwayat penyakit sebelumnya
  • Benih puyuh untuk produksi daging
  • Jika ternak ditujukan untuk produksi daging, Benih  harus dipilih dan jenis puyuh jantan petelur afkiran
  • Benih untuk memproduksi penetasan telur puyuh.
  • Pilih jenis benih yang memiliki betina telur puyuh produktivitas yang baik dan puyuh jantan yang dipilih sehat dan siap untuk dikawinkan

Perawatan puyuh

Jaga Kesehatan kandang
  • Selalu menjaga  kandang puyuh untuk mencegah penyakit dan vaksinasi harus dilakukan dalam jangka waktu tertentu
  • Selalu menjaga kandang puyuh untuk mencegah penyakit dan vaksinasi harus dilakukan dalam jangka waktu tertentu
Pengecekan penyakit
Lakukan pengendalian penyakit rutin secara teratur dan jika ada satu yang kurang puyuh yang sehat ditunjukkan Yeng segera dipisahkan dari puyuh lain – puyuh untuk mencegah penyakit menular . Segera lakukan pengobatan pada puyuh drama komedi yang direkomendasikan oleh kantor sambungan lokal atau peternakan.
Pakan puyuh
Ada beberapa bentuk pakan ternak di puyuh tersebut , palet bentuk, bentuk remah-remah dan bentuk tepung . Puyuh untuk memberi makan anak harus diberikan 2 kali pagi dan sore . Seperti dengan remaja dan puyuh dewasa , Anda harus memberikan umpan sekali sehari di pagi hari . Memberikan puyuh minum anak bisa dilakukan sepanjang hari .
Memberikan Vaksinasi dan Obat
Pada usia 4-7 puyuh hari divaksinasi dengan dosis setengah jumlah total dosis untuk ayam . Vaksin dapat diberikan melalui tetes mata ( intra – okular ) atau bisa menggunakan air minum ( oral ).
Demikianlah penjelasan singkat tentang Ternak Puyuh, semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga Cara Ternak Jangkrik dan Cara Ternak Lele
Ternak Puyuh | Admin | 4.5
Leave a Reply