Burung Ciblek Gunung

Burung Ciblek  Gunung – Alhamdulillah sahabat pecinta burung kicau dimana saja berada pada kesempatan ini kembali saya akan memberikan update artikel seputar burung ciblek dengan Judul Burung Ciblek  Gunung.Ciblek atau Prenjak Gunung adalah salah satu sekian jenis burung dari keluarga Cisticolidae yang cukup menjadi bahan perbincangan sebagian besar penghobi.

Cukup banyak yang menilai, bahwa burung yang bernama latin Prinia atrogularis tersebut paling kelihatan dominan jika dibandingkan dengan jenis burung Prenjak lainnya. Suaranya diklaim lebih bervariasi dan karakternya lebih agresif. Adapun dari segi perawakan. Ciri dan warna tubuh Ciblek Gunung juga dinilai lebih indah dan mudah dikenali daripada jenis Ciblek pada umumnya.

Mengenal Burung Ciblek Gunung

Burung Ciblek Gunung

 

Maka tak heran mengapa harga Ciblek Gunung yang ada di pasaran saat ini relatif lebih mahal dari pada jenis Ciblek lainnya. Disamping keberadaannya di alam bebas sudah semakin langka, para pembudidaya burung yang mempunyai ciri khas mata bewarna merah ini memang saat ini tidak terlalu banyak. Berbeda dengan sejenisnya seperti Prenjak Pari atau Sawah. Selain di pasaran dijual ombyokan layaknya burung Pleci, populasi di habitat aslinya juga relatih masih terjaga daripada Prenjak Gunung.

Hanya saja anggapan mengenai burung Prenjak Gunung lebih hebat dari segi suara maupun mental, rasanya kurang tepat. Mungkin benar, jika kelebihan Prinia atrogularis dilihat dari segi fisik karena memang sangat berbeda dengan sejenisnya. Namun, pada dasarnya tergantung pemilik dalam merawat dan melatihnya. Tidak ada dasaran yang pasti, bahwa Ciblek Gunung lebih baik dengan jenis Ciblek lainnya. Lebih tepatnya semua tergantung perawatan dan setelan harian seperti pakan, pemandian, pengerodongan, pemasteran dan sebagainya.

Burung yang satu ini sebenarnya tidak hanya populer dengan nama Prenjak Gunung. Terkadang para penghobi burung juga menyebutnya dengan nama Cigun dan Ciblek Sumatera. Nama Prenjak Sumatera yang diberikan sendiri tentu sangat berasalan, sebab sebagian besar wilayah penyebaran di Indonesia untuk unggas yang bernama latin Prinia atrogularis ini memang berada di Pulau tersebut. Di habitat asli, ia biasanya menyukai pegunungan dan perbukitan pada ketinggian 600 hingga 2500 meter dpl. Ia juga termasuk burung koloni yang mana jenis ini selalu hidup berkelompok dalam jumlah yang cukup banyak.

Demikianlah artikel tentang Burung Ciblek  Gunung, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin3x, dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya bersama dengan kami di hewanternak.com

Burung Ciblek Gunung | Admin | 4.5
Leave a Reply