Jenis – Jenis Jangkrik yang Bisa di Ternakkan

Jenis – Jenis Jangkrik yang Bisa di Ternakkan – ALhamdulillah sahabat pada pagi hari ini saya admin hewanternak.com kembali akan memberikan update artikel terbaru dengan Judul Jenis – Jenis Jangkrik yang Bisa di Ternakkan. Sudah banyak pengusaha membudidayakan jangkrik ini berhasil mengembangkan usahanya. Salah satu faktor kesuksesan tersebut ialah waktu pembiakan jangkrik sampai hasil panen dan tak membutuhkan waktu lama.

Ternak jangkrik sudah banyak nan merintisnya, bahkan di kota-kota besar sudah merambah usaha ini sebagai peluang usahanya. Jadi, Anda pun tak ada salahnya buat mencoba ikut serta dalam beternak jangkrik ini. Mungkin agak sedikit aneh kita dengar, sebab memang budidaya jangkrik ini masih berpusat di kota-kota besar saja. Dengan begitu, banyak orang nan belum mengetahuinya dengan jelas. Apakah dapat jangkrik itu menghasilkan?

Jenis - Jenis Jangkrik yang Bisa di Ternakkan

Jenis – Jenis Jangkrik yang Bisa di Ternakkan

 

Selama ini tak terbayangkan jika jangkrik dapat diternakkan. Kita hanya tahunya jangkrik itu akan mengeluarkan suara pada malam hari nan cerah. Apakah suaranya nan dimanfaatkan sehingga banyak membudidayakan jangkrik? Bukan faktor suara jangkrik nan menjadi alasan mengapa orang memilih buat membuka budidaya jangkrik. Ternyata jangkrik dapat menjadi bahan standar buat pakan ternak.

Banyak nan tergiur dengan budidaya jangkrik ini. Mengapa? Waktu ternak dari pembiakan sampai panen nan termasuk singkat, membuat orang mulai berpikir buat mencari laba dari usaha ini.

Tidak seperti ternak-ternak hewan lainnya nan kadang memerlukan waktu nan cukup lama hingga dapat panen. Belum lagi faktor pembiakan, pembibitan, sampai biaya produksi nan harus dikeluarkan. Seperti berternak sapi atau ayam. Ternak jangkrik sangat menguntungkan para peternak sebab tak memerlukan biaya produksi nan besar.

Bila dibandingkan dengan waktu panen nan cepat berkisar 25-30 hari atau 2-3 minggu, sudah niscaya dapat diperkirakan berapa laba nan akan didapat setiap bulannya. Bandingkan dengan budidaya ternak hewan nan lainnya, seperti sapi, kambing, ayam nan tak secepat jangkrik ditambah biaya produksi nan nan cukup besar.

Untuk sekedar contoh saja, jika Anda ingin budidaya ternak jangkrik dari telurnya saja, buat 10 kotak jangkrik saja hanya memerlukan biaya produksi sebesar 4 jutaan. Dengan perhitungan buat 10 kotak tersebut menghasilkan 830 sendok makan telur jangkrik akan menghasilkan 8 jutaan.

Jadi, laba Anda selama 25-30 hari sebesar 3 jutaan. Cukup besar bukan? Itu baru buat telurnya saja, belum jika buat pakan ternak dan tepung jangkrik.

Hasil dari Ternak Jangkrik

Untuk apa kita membuat ternak jangkrik? Lebih tepatnya apa nan dihasilkan dari usaha ini? Bagi Anda nan tak mengetahui apa nan dapat dimanfaatkan dari seekor jangkrik ini, mungkin tak akan menyangka bila dapat membawa keuntungan. Jadi, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu apa nan dapat dihasilkan dari usaha ini, supaya tertarik membuka usaha ini.

Membuka usaha ini memberikan banyak laba buat kita, dan dapat kita jadikan sebagai peluang bisnis nan menjanjikan. Tetapi sebagai pemula kita harus ketahui terlebih dahulu apa saja nan dapat dimanfaatkan dari jangkrik supaya konfiden dan mantap buat membuka ternak jangkrik. Jangkrik dibudidayakan sebab dua hal, yaitu :

  1. Memenuhi kebutuhan telur jangkrik sebagai pembibitan buat para peternak lainnya. Telur jangkrik ini dijual buat dibudidayakan oleh para peternak. Telur jangkrik ini buat membiakkan jangkrik di mana setelah tumbuh dewasa dapat dimanfaatkan lagi.
  2. Jangkrik buat makanan ternak, seperti burung dan ikan. Jadi, jangkrik ini dibudidayakan buat dijadikan pakan ternak burung dan ikan. Jika telurnya dijual buat pembibitan, jangkriknya sendiri buat pakan ternak.
    Selain itu, ternak jangkrik tak hanya diambil telur dan jangkriknya saja, tetapi jangkrik juga diambil tepungnya buat dijual. Hanya saja terdapat disparitas waktu pembiakan keduanya. Perbedaannya ialah buat telur hanya 2-3 minggu dapat panen, sedangkan buat pakan burung, ikan dan diambil tepungnya memerlukan waktu 2-3 bulan baru dapat panen.

Jenis Jangkrik nan Dibudidayakan buat Ternak Jangkrik

Di Indonesia sendiri ada lebih dari 100 jenis jangkrik nan dapat dibudidayakan melalui tenak jangkrik. Namun, dari sekian banyak jenis jangkrik nan dibudidayakan lewat usaha ini ialah jenis Gryllus Testaclus dan Gryllus Mitratus. Kedua jenis jangkrik tersebut dibudidayakan spesifik buat pakan ternak burung dan ikan.

Kedua jenis jangkrik ini juga dapat kita bedakan, terutama dilihat dari bentuk tubuh jangkrik. Jangkrik jenis Gryllus Mitratus lebih pendek wipositor-nya dibandingkan dengan jangkrik Gryllus Testaclus. Jangkrik Gryllus Mitratus ini juga memiliki guratan garis putih di bagian pinggir sayap punggungnya, dan lebih tenang dari jangkrik Gryllus Testaclus

Jenis jangkrik nan baik buat pakan ternak burung, terutama burung berkicau ialah jenis jangkrik poksay dan kacer. Untuk pakan ternak dalam bentuk tepung, nan diberikan buat ikan, udang dan lele jenis jangkrik dan baik digunakan ialah jangkrik hwambie.

Lokasi nan Baik buat Ternak Jangkrik

Jika Anda tertarik buat membuka usaha ini, selain pengetahuan mengenai biaya produksi, pendapatan, panen, jenis jangkrik nan baik dan banyak digunakan, Anda juga harus memperhatikan faktor lokasinya. Faktor lokasi ketika kita akan membuka ternak jangkrik menjadi hal nan sangat penting. Terutama kaitannya dengan keberhasilan usaha ini.

Anda tentu tak ingin bukan usaha Anda tak memberikan laba buat Anda? Nah, jika begitu sebaiknya lokasi nan tepat harus Anda ketahui. Berikut beberapa lokasi nan dapat Anda jadikan sebagai wadah buat membuka usaha ini.

Anda sebaiknya memilih lokasi nan tenang dan teduh, serta memiliki sirkulasi udara nan baik.
Pilihlah lokasi nan jauh dari keramaian atau sumber kebisingan seperti jalan raya, pasar, dan tempat-tempat nan ramai lainnya. Sebaiknya dilakukan area spesifik perkebunan.

Demikianlah artikel tentang Jenis – Jenis Jangkrik yang Bisa di Ternakkan, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin 3x dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya hanya bersama dengan kami di hewanternak.com

Jenis – Jenis Jangkrik yang Bisa di Ternakkan | Admin | 4.5
Leave a Reply